Warga Brasil Lebih Mendukung Jerman Ketimbang Argentina

Warga Brasil Lebih Mendukung Jerman
Sepakbola Magz -- Brasil memang "sakit hati" dipermalukan Jerman 1-7 di semifinal. Namun, saat Jerman menghadapi Argentina pada final Piala Dunia 2014, mayoritas suporter Brasil akan mendukung Jerman, bukan Argentina.

Rivalitas Brasil-Argentinya adalah penyebabnya. Seperti dilansir BBC, "Despite humiliation by Germany, Brazilians unlikely to back Argentina", fans Brasil akan memilih melupakan kekalahan dari Jerman ketimbang melupakan Argentina yang merupakan negara tetangga yang sudah puluhan tahun jadi rival dalam sepakbola.

Sebagian besar suporter tuan rumah diyakini masih akan memberikan dukungan buat Die Mannschaft. Buat mereka, lebih baik Jerman yang jadi juara ketimbang Argentina yang mengangkat trofi Piala Dunia di Maracana.

"Argentina tidak boleh menang di sini!" seru Lilia Viana, suporter Brasil berusia 44 tahun pada BBC.

Perseteruan Argentina dengan Brasil memang menjadi salah satu yang paling panas di laga internasional. Yang paling sederhana tentu saja saat kedua negara ditanya siapa pemain terbaik sepanjang masa. Jawabnya pasti: Pele untuk orang Brasil dan Maradona bagi penduduk Argentina.

Teriakan "Maradona lebih hebat dari Pele" sangat sering terdengar setiap Albiceleste main di Brasil. "Anda akan melihat Messi, dan dia akan memberi trofi buat kami," lanjut yel-yel suporter Argentina.

Pendukung Brasil tak mau kalah. "Seribu gol, cuma Pele yang punya 1.000 gol!" teriak mereka.

Pele dan Maradona adalah satu contoh kecil dari sekian banyak sumbu yang bisa meledakkan rivalitas kedua negara. Pertarungan klub dari kedua negara di ajang Copa Libertadores kerap memunculkan bentrok.

Brasil dan Argentina memang tidak saling berhadapan di Piala Dunia 2014 ini. Namun dalam setiap kesempatan Argentina bermain, selalu ada pendukung Brasil yang menyaksikan dengan menggunakan jersey lawan dan meneriakkan sorakan ke arah Messi cs.

"Saya bisa mendukung negara manapun, kecuali Argentina. Saya seorang Pele, bukan Maradona," sahut suporter lain bernama Luiz Amorim, pada koran lokal.

Kebencian publik Brasil pada Argentina makin menjadi menyusul cedera yang dialami Neymar. Sekelompok pendukung Arentina berulang kali terlihat mengolok-olok Brasil dan Neymar. Sementara saat Selecao menderita kekalahan 1-7 dari Jerman, muncul juga yel-yel "One, two, three, four, five, six, seven."

Solidaritas Amerika Selatan sepertinya bisa jadi satu-satunya alasan pendukung Brasil membela Argentina dalam laga yang akan digelar Senin (14/7/2014) dinihari WIB itu. Sejauh ini belum pernah ada negara Eropa yang bisa jadi juara jika Piala Dunia digelar di Amerika Selatan, dan kini tinggal Argentina yang bisa menjaga kesucian tersebut. (bbc.co.uk).*

Previous Post Next Post